Pages

Selasa, 04 Oktober 2011

Cegah Alergi Dengan Teknologi Plasmacluster

Jika anak Anda mengalami gangguan alergi saluran pernapasan atau asma yang dipicu oleh udara kotor, kini udara di kamar bisa mudah disterilisasi sehingga selalu bersih dan segar dengan teknologi mutakhir plasmacluster. Teknologi plasmacluster merupakan teknologi baru dalam industri air conditioner (alat pendingin ruangan) yang dapat  menyikat bersih kuman dan alergen (pemicu alergi) dari udara rumah.
Di Indonesia sendiri, teknologi tersebut telah diujicobakan oleh Laboratorium Biologi Institut Teknologi Bandung sejak bulan Mei 2004. Para peneliti ITB mencoba melihat kemampuan dan efektifitas teknologi plasmacluster dalam menyapu bersih bakteri dan jamur dalam ruangan yang rata-rata kelembabannya adalah 80%. Percobaan tersebut dilakukan pada ruangan seluas 320 m, dengan meletakkan alat pembersih udara berteknologi plasmacluster di beberapa titik dalam ruangan tersebut.
Cara kerja teknologi plasmacluster ternyata cukup sederhana, yaitu dengan menebarkan ion hidrogen positif dan ion oksigen negatif yang berfungsi menangkap dan memecah partikel-partikel alergen, bakteri, jamur, bahkan virus. Dengan hancurnya partikel sel pengganggu itu, diharapkan udara didalam ruanganpun menjadi bersih.
Dalam percobaan itu, tim peneliti mencoba menguji penggunaan alat pembersih udara (air purifier) yang hanya menebarkan ion negatif saja, dengan alat yang menebarkan ion postitif bersama ion negatif. Hasilnya, alat pembersih udara yang hanya menebarkan ion negatif selama enam jam, hanya mampu menurunkan jumlah bakteri sekitar 20% dan jumlah jamur tidak menunjukkan penurunan. Sementara itu, dalam udara yang dibersihkan dengan pembersih udara yang menebarkan ion positif dan ion negatif dalam waktu enam jam, tidak ditemukan lagi bakteri dan jamur.
Pembersih udara yang disebutkan terakhir itu dinamakan dengan plasmacluster oleh sebuah perusahaan Jepang yang telah memanfaatkan teknologi tersebut untuk produk yang mereka buat dalam tiga tahun terakhir ini. Kemampuan plasmacluster untuk membersihkan udara juga diakui oleh The British Allergy Foundation, Inggris. Berdasarkan hasil penelitian di berbagai negara, teknologi plasmacluster kemudian dikembangkan tidak hanya untuk air conditioner, namun juga untuk berbagai alat seperti lemari es, alat penyedot debu, bahkan juga mulai dikembangkan untuk mesin cuci.
Pada penyejuk ruangan, plasmacluster tak hanya membersihkan dan memelihara udara dari kontaminasi bakteri, jamur, dan kuman. Baru-baru ini ditemukan bahwa dengan penyebaran ion positif dan negatif melalui penyejuk ruangan, bau rokok dan bau tak sedap lainnya akan lenyap. Pada alat penyedot debu, plasmacluster tak hanya berfungsi membersihkan sudut-sudut rumah dari debu, tapi juga membersihkan udara di tempat-tempat tersebut dari kuman. Untuk pemakaian di lemari es, teknologi itu berperan mencegah makanan yang disimpan ditumbuhi jamur sehingga menjadi lebih tahan lama dan mengurangi bau dalam lemari es. Pemanfaatan teknologi tersebut pada mesin cuci (kini sedang dikembangkan) diharapkan dapat menghilangkan bau tak sedap dari pakaian yang terkadang tidak hilang meskipun telah dicuci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar