Pages

Selasa, 22 November 2011

Teknik dalam bernyanyi

kali ini gw pengen ngasih postingan yang ga srius n ga ngasal kaya yang kmren2.( pi bukan berrti gw udah hengkang dari dunia per_ngasa_an) dalam postingan ini gw pengen ngebahas gmna teknik2 nyanyi dngan bener (postingan ini gw tujukan trutama wat sepu2 gw d humz yang nyanyi bikin gendang telinga gw ngabur ga balik2 lagi) nah berikut penjelasan mengenai teknik2 menyanyi yang gw kutip dari berbagai sumber.
Sebagai pendahuluan, kamu harus bisa teknik dasar, setelah itu, baru apa yang banyak orang dahulukan tetapi salah, yaitu penghayatan. Jika lagu dinyanyikan dengan penuh penghayatan, tetapi tidak dengan teknik, maka akan sama dengan coretan acak yang orang sebut abstrak, padahal, pelukis abstrak yang benar, harus bisa dasar-dasar melukis.

Selanjutnya, kamu harus melatih pembentukan vokal yang benar sehingga tidak cempreng/pipih. Pembentukan vokal itu, dasar banget dan paling mudah. Pembentukan vokal juga mempengaruhi bagaimana kamu akan bernyanyi, apakah klasikal, pop, atau yang lain, misalnya jika klasik, kamu harus mengucapkannya dengan tegas dan serius (ini sebab bernyanyi dengan vokal seperti ini disebut sebagai bernyanyi seriousa), misalnya juga pop, harus lebih santai dan cenderung lebih pipih ("lebih pipih" bukan berarti "cempreng", seperti halnya "lebih miskin" bukan berarti "miskin"). Untuk klasik, kamu bisa berpatok pada Josh Groban, dengarkan jika ia bernyanyi dengan vokal klasik pada lagu "Mai" atau "Un dia l'legara", itu akan terasa cocok karena lagunya juga klasikal, tetapi dengar juga lagunya yang berjudul "Machine", tuh lagu R&B, tapi pake vokal klasik, yah..ada yang suka, ada yang tidak. Pada pop, kamu bisa berpatok pada band-band jaman sekarang, tetapi saya lebih menyarankan kamu untuk bereferensi pada penyanyi solo seperti Glen Fredly atau Rio Febrian, karena tidak semua vokalis band memadai dalam teknik vokal.

Yang ketiga adalah resonator, hal yang paling berkorelasi dengan pembentukan vokal. Resonator/penggaung adalah titik tembak suara, kalau nada rendah, pilih resonantor bawah (dada), tengah dengan tengah(leher), dan tinggi dengan tinggi(kepala), maksudnya bukan dada, leher dan kepala digetarkan, tetapi seolah-olah tembakkan suaramu ke arah tadi sesuai bidangnya. Khusus untuk nada tinggi, ada 2 jenis suara yang ditimbulkan, yaitu suara kepala (kopstem), yang biasa dimiliki oleh wanita(Mariah carey pada "againts all odds") dan suara palsu(Falsetto), yang biasa dimiliki pria (josh groban pada lagu "february song" kentara sekali),walaupun secara kasuistik, ada pria yang bisa kopstem (misal Candil seurieus) dan ada pula wanita yang bisa falsetto dengan baik (misal Rossa, itu kenapa bahkan wanita sopran pun sulit menyaingi Rossa, Ya! Rossa bisa teknik falsetto dengan baik)

Yang keempat, kamu mulai melatih nafas. ada 4 jenis nafas, dada, bahu, perut, dan yang paling disarankan adalah Diafragmatic Breathing. 4 jenis itu, didasarkan kepada bagian mana yang berkembang ketika kamu mengambil nafas. Diafragma yang baik adalah yang dapat dikendalikan, kamu harus bisa menahan diafragma yang letak kembangkempisannya di perut bagian atas itu agar tidak cepat mengempis (hal ini sangat sulit, bahkan saya pun masih belum sempurna)

selanjutnya, kamu hanya tinggal tingkatkan apa yang kamu miliki dengan teknik dasar tadi, misalnya untuk menambah ambitus/rentang suaramu, latih diafragma dan resonatormu, atau ornamen seperti cengkok dan perubahan warna suara(timbre), dll. Khusus untuk masalah penghayatan, ini SULIT! karena tidak ada teori yang pasti mengenai hal ini, jalani aja!.selama kalian melakukan teknik ini gw sarann kalian mesti rileks. ga bole kaku(bagi yang brmasalah dngn persndian gw sarann d gosok pake abu gosok dulu baru mule latihan teknik dasar nyanyi)
jenis2 suara dalam bernynyi:
1.suara leher atau tengorokan
adalah suara asli kita yang biasa dipakai buat bicara.artinya suara yang dikeluarkan masi asli makanya harus diseimbangi dengan pernafasan dan diafraghma, intinya
suara tenggorokan biasanya dipakai untuk nada2 rendah ajah kalo untuk nada tinggi berarti sama dengan teriak dan sangat
berbahaya untuk pita suara, kalo untuk nada2 tinggi biasanya dibantu dengan teknik falseto..kecuali kalo emang suara
asli na udah tinggi duluan..tp meski tinggi harus pake teknik juga kan??so ga bole asal teriak aja walopun swara kalian tinggi.bsa2 dikira lagi demo BBM.
2.suara kepala (head voice) berhubungan dengan suara perut (bukan suara yang keluar dari perut dan kepala), artinya :
pernafasan perut dipercaya lebih tahan lama dan dorongan udara dr perut ke atas akan lebih kuat dibanding dr dada.
maka suara yg dihasilkan akan lebih panjang dan mantap.
tapi saat mengambil pernafasan perut jangan berlebihan. tandanya, saat udara masuk jangan bikin perut kamu sesak.
usahakan udara yg masuk tetap terasa nyaman di perut, karena ini berpengaruh pada konsentrasi dlm mengontrol nada.
setelah ada suplai udara di perut, tekan udara ke atas dan ambil suara.
rasakan udara dr bawah menekan suaramu ke keluar.
saat suaramu dah terdengar,(disinilah peran suara kepala) tekan suara itu ke pusat kepala (head voice) maka suara yg dihasilkan
akan lebih bening. rasakan suaramu memfokus ke kepala. biasanya pada latihan2 pertama akan membuat kepala pusing.
tapi kalo sudah terbiasa, kualitas suara yg dihasilkan akan lebih jernih, bagus.
jadi kesimpulannya, pernafasan perut untuk memperpanjang suara, sdngkan head voice utk memperjernih dan memperlantang suara.
3. Falseto adalah teknik vocal untuk menjangkau nada2 tinggi, Falseto menurut gua beda dengan suara palsu (walau belum ada
penjelasan yang definitif)...beda dalam artian cara pengambilannya, kalo suara palsu cenderung sengau dan jangkauan nadanya masi kalah tinggi
dibanding dengan falseto.
sebelum kalian mmpelajari hal2 di atas,pastikan dulu, lo harus berkomitmen untuk hidup secara disiplin, paling gak selama sebulan dulu, ato kalo bisa selamanya kalo niat mah, haha!! pokoke disiplin dulu kalo mau dapet yang maksimal, nyanyi itu gak asal mangap!!biasakan minum air putih hangat setelah bangun pagi, minum air dingin ato es, goreng2an berminyak, ato yang pedes2 juga diilangin dulu, soalnya bisa ngebuat tenggorokan ber-riak.. air hangat ngebantu ngelunturin bekas lemak atau minyak dalam tenggorokan..
nahh. . kayaknya sekian dulu dee penjelasan gw mengenai teknik2 dalam nyanyi. bagi kalian yang merasa belon puas langsung cari aja d google ato langsung take a course d berbagai t4 kursus nyanyi yang udah tersebar d mana2 (jangn sekli2 daftar les nyanyi ke t4 les wushu).


sumber:
http://id.answers.yahoo.com/question
http://www.bluefame.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar