Pages

Rabu, 09 November 2011

Tips Mudah Merawat Motor Matik


Hadirnya motor matik tidak hanya karena tren, tetapi untuk memenuhi kebutuhan para cewek yang ingin memiliki kendaraan yang mudah dikendarai. Untuk itu kamu (khususnya para cewek), sebaiknya juga harus bisa merawat motor matikmu agar awet dan selalu nyaman dikendarai.

Nih ada tips dari Welovehonda tentang bagaimana cara merawat motor matik secara singkat dan mudah.
1. Ganti oli mesin dan oli transmisi motor secara berkala, untuk oli mesin gantilah setiap 1000Km sekali sedangkan untuk oli transmisi maksimal ganti setiap 5000Km sekali.

2. Selalu cek kondisi busi dan aki secara teratur. Karena bagi motor matik yang merupakan motor full DC peran busi dan aki sangatlah penting baik itu untuk tenaga dan kenyamanan dalam berkendara, tidak lupa selalu gunakan busi orisinil Honda setiap melakukan pergantian busi.

3. Lakukan pembersihan terhadap ruang transmisi secara berkala setiap 4000Km sekali. Pasalnya pada ruang transmisi tersebut terdapat banyak komponen transmisi automatic atau CVT yang sangat rentan apabila kemasukan kotoran seperti debu atau oli. Kurang terjaganya kebersihan pada komponen CVT biasanya ditandai dengan bunyi-bunyi kasar yang terdengar dari dalam motor.

4. Vent belt dan roller juga perlu diperhatikan kondisinya, segera ganti dengan yang baru bilamana kondisi vent belt dan roller tersebut sudah tidak layak lagi. Agar venbelt dan roller lebih awet, jangan mengganti velg motor dengan velg yang ukurannya lebih besar dan tebal. Velg yang berukuran lebih besar dan tebal juga berpotensi membuat motor jadi lebih boros.

5. Beberapa motor matik keluaran Honda seperti Beat dan Scoopy menggunakan single shockbreaker. Maka dari itu ganti oli shockbreaker maksimal setiap 10.000Km sekali agar kamu tetap nyaman ketika berkendara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar